Di Balik Layar Pembelajaran

Pembelajaran pada pelatihan masa kini berupaya menyediakan berbagai alternatif sumber belajar bagi peserta pelatihan. Selain bahan belajar berupa teks baik berbentuk modul, bahan bacaan, lembar petunjuk praktikum juga disediakan bentuk lain berupa video dan podcast.

Video

Video disediakan untuk memberikan kesempatan kepada peserta pelatihan yang cenderung memaksimalkan indera penglihatan dan pendengaran. Karena dalam video menekankan komunikasi audio dan visual.

Podcast

Sementara podcast menyediakan sumber belajar bagi peserta pelatihan yang ingin memaksimalkan indera pendengaran. Maka komunikasi melalui audio menjadi andalan dalam podcast.

Produksi

Beberapa minggu terakhir ini Pusat Keteknikan Kehutanan dan Lingkungan bekerjasama dengan Wildlife Conservation Society (WCS) dan INSPIRIT memproduksi bahan belajar. Bahan tersebut akan digunakan untuk bimbingan teknis para pengguna pada satuan kerja di kementerian LHK. Pembangunan infrastruktur jalan hutan yang ramah lingkungan menjadi tajuk dari bimtek yang akan dilakukan secara full online tersebut.

Narasumber

Para narasumber dari kalangan akademisi (IPB), peneliti LHK, widyaiswara KLHK, maupun birokrat terkait diambil video dan video dan podcast untuk materi yang diampunya.

Sang sutradara mengarahkan gaya untuk para narasumber sebelum pengambilan video dan audio. Catatan dan koreksi terhadap gerakan maupun kata-kata berulang yang tidak disadari narasumber penting sekali disini. Meskipun sang editor bisa saja memotong saat proses editing.

Semoga, dalam masa pandemi Covid-19 ini, KLHK tetap dapat memberikan pelayanan terbaik kepada pengguna.***

 122 total views,  1 views today

2 Replies to “Di Balik Layar Pembelajaran”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *