Rabu 29 April 2020 (6 Ramadhan 1441H)

Assalamualaikum wr wb.

Pada malam ke ini kita bicarakan kewajiban pemuda muslim.

Ada tiga kewajiban pemuda muslim yakni (Wahdah, 2020): memahami Islam, mengamalkan Islam, dan mendakwahkan Islam.

Kewajiban pemuda muslim

Pertama, Kewajiban Memahami Islam.

Pemuda muslim wajib memahami Islam dengan benar. Untuk mengerti agamanya, pemuda Muslim harus memahami Islam dengan pemahaman yang murni dan bersih seperti yang dipahami generasi awal ummat Islam.

Banyak orang yang menzhalimi islam dengan memasukkan ke dalam Islam sesuatu yang tidak berasal dari Islam dan mengeluarkan darinya apa yang termasuk ajarannya yang prinsipil.

Maka untuk mengerti dan memahami Islam para pemuda Muslim harus menimba Islam dari sumbernya yang jernih dengan kembali kepada kitabullah dan sunnah RasulNya.

Kedua, Mengamalkan Islam

Apakah cukup bagi pemuda Muslim hanya sekedar mengetahui, membaca, meneliti sehingga kepalanya penuh dengan ilmu lalu tidak ada lagi aksi sesudah itu? Tentu saja tidak. Islam menghendaki pengetahuan dan pengertian yang menembus ke lubuk hati sekaligus menggerakkannya untuk beramal. Hal ini seperti sinyalemen Allah tentang  para ulama yang mendalam ilmunya.
“Sesungguhnya yang paling takut pada Allah hanyalah para ulama”. (QS. Al-Fathir:28).

Jadi yang diinginkan oleh Islam adalah ma’rifah  yang melahirkan perasaan takut kepada Allah dan rasa takut itu membuahkan amal shalih. Nabi kita  pernah memohon perlindungan kepada Allah dari ilmu yang tidak bermanfaat bagi pemiliknya seperti yang beliau sebut dalam doanya:
“Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung padaMu dari ilmu yang tidak bermanfaat, dari hati yang tidak khusyu’, dari amal yang tidak diterima, dan dari  doa yang tidak dikabulkan”. (HR. Muslim).

Di Korea selatan Islam masuk melalui pergaulan dan pengaruh. Pada mulanya di sana ada tentara-tentara Muslim Turki yang bertugas pada perang Korea. Pada saat-saat tertentu orang Korea melihat para tentara Turki pergi bersuci dengan membasuh muka, tangan dan kaki, lalu berbaris dengan khusyu, tertib dan teratur. Melihat pemandangan itu mereka bertanya, “siapakah kalian?” Mereka menjawab, “Kami adalah orang-orang Muslim”. Mereka bertanya lagi, ”Apakah Islam itu?”. Lalu diperkenalkanlah Islam itu kepada mereka sesuai dengan pengetahuan  yang dimiliki oleh tentara Turki Muslim itu. Setelah itu masuklah ke dalam Islam beribu-ribu orang korea karena adanya keteladanan yang sangat bagus itu.

Beginilah seharusnya lmu yang benar, senantiasa menyatudengan amal.

Ketiga, Mendakwahkan Islam

Kewajiban pemuda Muslim yang ketiga adalah berdakwah ke jalan Islam. Tidak cukup seorang Muslim itu shalih secara pribadi. Islam memandang bahwa tidak cukup seseorang memperbaiki diri sendiri saja. Tetapi ia seharusnya berpikir agar orang lain selain dia bisa menikmati manisnya Islam. Karena itu, wajib bagi pemuda Muslim mempekerjakan dirinya demi tersebarnya Islam, demi agar orang-orang selain mereka juga merasakan indahnya Islam.

Karena itu, wajib bagi pemuda Muslim mempekerjakan dirinya demi tersebarnya Islam, demi agar orang-orang selain mereka juga merasakan indahnya Islam.

Setelah itu, setiap pemuda harus sadar bahwa usahanya berdakwah pasti akan mendapatkan rintangan, kecil atau besar. Sebab itu, para pemuda harus menyertai usahanya menyebarkan Islam dengan kesabaran yang tinggi. Inilah mungkin rahasianya kenapa Allah dalam surah al-‘Ashr merangkai pesan saling mewasiatkan dalam kebenaran dengan pesan saling mewasiatkan dalam kesabaran. Sebab ini adalah tugas yang berat dan besar. Karena pada zaman kita ini banyak manusia yang berpaling dari kebenaran, banyak manusia yang berpaling meninggalkan agamanya, dunia memalingkan mereka dari mengingat Allah, banyaknya pengambat kebaikan serta banyaknya sarana-sarana yang memalingkan orang dari agama Allah. Sumber : https://wahdah.or.id/inilah-kewajiban-pemuda-muslim/

Subhanakallahuma wabihamdika, ashadu alla illaha illa anta, astaghfiruka wa atubu ilaik…

Wassalamu alaikum wr wb.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top