Gambar: Kompas.com

Berpuasa bukan berhenti berolah raga. Agar tetap sehat dan bugar olah raga saat puasa masih harus tetap dilakukan. Olah raga sebagai penjaga stamina maupun hobi tentu berbeda setiap orang. Menurut penulis, yang senang tenis lapangan mencatat 5 tips yang sebaiknya dilakukan agar tetap tenis di bulan puasa.

Pertama, geser waktunya menjadi sore hari. Ini tentu yang biasanya main di pagi hari. Hal ini dimaksudkan agar segera mendapat pengganti cairan dan energi yang berkurang karena tidak lama lagi berbuka puasa.

Baca juga: Penentuan Awal Ramadhan

Kedua, berangkat ke lapangan sebelum waktu ashar. Hal ini agar memiliki waktu yang lebih leluasa. Kalau berangkat se telah ashar di rumah, biasanya jam 16 an baru keluar rumah. Waktu tersisa makin sempit.

Ketiga, baiknya ambil wudhu sejak dari rumah. Dengan sudah berwudhu dari rumah, akan berkurang waktu untuk manuver ke tempat bersuci. Setelah wudhu langsung pakai kaos kaki dan berangkat. Lihat video bagi yang perlu info dlm audio visual..

Keempat, segera shalat di lokasi tennis ketika masuk wakti ashar. Sajadah dan alat sholat tentu disiapkan baik itu tikar sholat maupun sarung atau celana panjang.

Terakhir, hemat tenaga. Usahakan untuk bermain rileks tanpa mengeluarkan tenaga penuh. Hal ini perlu dilakukan untuk mengurangi berkurangnya energi yang terlalu cepat.

Demikian 5 tips tetap sehat dengan bermain tenis saat berpuasa. Tetap jaga kesehatan, dan jaga emosi. Semoga menambah daya imun untuk mengantisipasi mampirnya virus corona.

Baca juga: Penyebab Tsunami Covid-19 di India

Salam olah raga, salam sehat.



Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top