Books

Klik "Akses Buku" pada Cover di atas, atau klik link "gambar tangan" pada judul buku di bawah.....

  1. Bunga Rampai Pelatihan Di Masa Pandemi Covid-19. Bogor: Widya Aksara Press
  2. Pedoman Penanganan Konflik Tenurial Dalam Areal Perhutanan Sosial. Medan: BPSKL Sumatera
  3. Wahai Anakku Dekati Agamamu. Yogyakarta: Deepublish 2020
  4. Rimbawan: Pembelajar dan Sahabat Alam. Bogor: Widya Akasara Press,  2019.
  5. Resolusi Konflik Kawasan Hutan: Antara Peran Negara dan KPH. Yogyakarta: Deepublish, 2019.
  6. Menulis Itu Mudah Suplemen Simpel Berdasarkan Pengalaman Praktisi. Yogyakarta: Deepublish,  2018.
  7. Pemetaan Konflik Tenurial, Kumpulan Bahan Ajar. Kadipaten: Sawala Press, 2018.
  8. Konflik Tenurial dalam Pembangunan KPH, Pembelajaran dari Hasil Penilaian Cepat di KPHP Berau Barat dan KPHP Kapuas Hulu. Bogor: Working Group on Forest Land Tenure-WG Tenure (2014).
  9. Penataan Tenurial di KPH Kasus di KPHP Lakitan Musi Rawas, Sumatera Selatan,  dalam Basah Hernowo dan Sulistiya Ekawati. Operasionalisasi Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH): Langkah Awal Menuju Kemandirian, yang diterbitkan oleh Penerbit Kanisius, Yogyakarta 2014.
  10. KPH, Konflik & REDD Pembelajaran Hasil Asesmen Konflik Tenurial di Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH). Diterbitkan WG-Tenure, Bogor 2013.
  11. Panduan Praktis: Penggunaan RaTA-AGATA-HuMAWin untuk Penilaian Cepat Konflik Tenurial di Kawasan Hutan  diterbitkan oleh Working Group on Forest Land Tenure, Bogor 2014.
  12. Practical Gudance: Penggunaan RaTA-AGATA-HuMAWin untuk Penilaian Cepat Konflik Tenurial di Kawasan Hutan  diterbitkan oleh Working Group on Forest Land Tenure, Bogor 2014.
  13. 36 Tahun SKMA Kehutanan Kadipaten Mengabdi, yang diterbitkan oleh  Balai Pendidikan dan Pelatihan Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kadipaten  (2016).
  14. Pemetaan Partisipatif Potensi Desa dan Wilayah Tenurial Desa Muara Sungsang, Kabupaten Banyuasin Sumatera Selatan Tahun 2016. GIZ Bioclime Project Sumatera Selatan, Palembang 2016.
  15. Penilaian dan Pemetaan Konflik Tenurial: Studi Kasus Pemetaan Partisipatif Batas Desa Pangkalan Bulian, Kab. Musi Banyuasin. Palembang: GIZ Bioclime 2015.
  16. Pemetaan Partisipatif Inventarisasi Penggunaan Lahan dan Potensi Sumber Daya Hutan Untuk Pengelolaan Berkelanjutan Bersama Masyarakat, diterbitkan oleh Biodiversity and Climate Change Project (BIOCLIME) Sumatera Selatan, Palembang 2014.

Resolusi Konflik Kawasan Hutan: Antara Peran Negara Dan KPH

Buku ini terdiri dari beberapa bab, bab pertama pendahuluan, bab kedua memperhatikan kontestasi klaim para pihak, mengurangi luka, bab ketiga menyimak gaya sengketa para pihak, membangun kompromi, bab keempat membedah peran negara dalam penyelesaian konflik kawasan hutan, bab kelima memerankan KPH sebagai strategi mencapai resolusi, bab keenam peduli perubahan iklim, memihak hak komunitas, bab ketujuh mendorong penyelesaian konflik mempercepat terwujudnya hutan mantap status dan bab terakhir penutup.

Penerapan kebijakan kepemilikan lahan sejak era kolonial sampai era Orde Baru telah meninggalkan banyak konflik tenurial yang belum terselesaikan di seluruh Indonesia. Suatu pendalaman dari metode Rapid Land Tenure Assessment (RaTA) digunakan untuk memetakan konflik dalam rangka resolusi konflik. Analisis Gaya Bersengketa (AGATA) digunakan untuk memetakan para pihak berikut sikapnya dalam menghadapi konflik. Analisis kebijakan digunakan untuk mengetahui kinerja kebijakan penyelesaian konflik yang dilaksanakan pemerintah baik berupa aturan main maupun kebijakan pembangunan Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) dan pelaksanaan mekanisme pengurangan emisi dari deforestasi dan degradasi hutan serta peningkatan stok karbon (REDD+). Kebijakan-kebijakan penyelesaian konflik terkait penyelesaian hak pihak ketiga, enclave, pelepasan secara parsial, review tata ruang wilayah (RTRW), pemetaan partisipatif, kemitraan antara pengelola dengan masyarakat, dan penegakan hukum didalami dalam penelitian ini.

Penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan kontestasi kekuatan klaim penyelesaian konflik tenurial kawasan hutan masih meninggalkan rasa ketidakadilan dalam alokasi sumber daya lahan dari perspektif masyarakat. Melalui pendekatan gaya bersengketa diperoleh catatan perlunya kesesuaian gaya pihak yang berkonflik agar dapat ditempuh langkah penyelesaian dan perlunya intervensi pihak ketiga yang tidak terkait konflik. Terdapat empat catatan kritis atas peraturan yang tersedia untuk mengakomodasi permasalahan konflik tenurial yakni: absennya unsur tim yang dapat memfasilitasi dan memediasi penyelesaian konflik dalam Panitia Tata Batas, perbedaan persepsi istilah pemetaan partisipatif, ketidaksepakatan jenis dan komposisi jenis dalam skema pengelolaan lahan bersama masyarakat, dan belum kuatnya hak-hak tenurial termasuk kawasan hutan negara.

Buku ini tersedia di: tokobukudeepublish, shopee, bukalapak, tokopedia, googlebooks, dll

RIMBAWAN: Pembelajar dan Sahabat Alam. Catatan Perjalanan di Hutan Jerman

Catatan Perjalanan di Hutan Jerman. Alam adalah guru terbaik, maka belajarlah dengan alam. Untuk dapat hidup berselaras dengan alam maka mempelajari karakteristik alam dan pola interaksinya penting dilakukan manusia. Demikian juga rimbawan untuk dapat mengelola rimba dia harus selalu belajar dan bersahabat dengan alam.

RIMBAWAN: Pembelajar dan Sahabat Alam, Catatan Perjalanan di Hutan Jerman.pdf (Free Download)

Menulis Itu Mudah Suplemen Simpel Berdasarkan Pengalaman Praktis

Buku ini terdiri dari beberapa bab. Bab pertama membahas tentang untuk apa menulis, bab dua membahas tentang ide menulis, bab tiga membahas tentang tahapan dan prinsip menulis, bab empat membahas tentang hambatan umum dan cara mengatasi, bab lima membahas tentang bentuk-bentuk tulisan, bab enam membahas tentang kisah-kisah awal penulis sukses, dan bab tujuh berisi tentang penutup.

Apa itu menulis? Menulis, menurut Pranoto (2004) berarti menuangkan buah pikiran kedalam bentuk tulisan atau menceritakan sesuatu kepada orang lain melalui tulisan. Menulis adalah menyampaikan pesan kepada pembaca. Menulis hakikatnya bukanlah hal yang sulit bagi kita semua karena kita semua pasti sudah terbebas dari 3B. Yang dimaksud bebas dari 3B adalah bebas Buta Huruf, Buta Aksara, dan Buta Pengetahuan Dasar. Sewaktu sekolah kita telah dapat menyelesaikan tugas-tugas menulis baik tugas-tugas kelompok maupun tugas individu sewaktu kita mengikuti pendidikan dasar hingga pendidikan menengah. Bagi yang telah mengenyam pendidikan selevel diploma dan sarjana tentu telah dapat menyelesaikan tugas akhir maupun skripsi.

Para lulusan magister tentu telah menyelesaikan tesis sebagai karya tulis akhir dan para doktor tentu telah menyelesaikan karya tulis berupa disertasi.  Cerita mahasiswa mahasiswi yang sedang menyelesaikan tugas akhir tersebut tentu beragam. Sebanyak 69,23 % mahasiswa mengalami stres tingkat sedang pada saat mengerjakan skripsi yang ditandai dengan gejala urat tegang, mudah tersinggung, produktivitas menurun, sulit membuat keputusan, dan mendiamkan orang lain (Rozaq, 2014). Tidak hanya pada kalangan mahasiswa, (Marjiyem, 2015), menyimpulkan bahwa pada kalangan guru permasalahan terbesar adalah pada pengembangan wawasan ter-update sekaligus pengembangan keterampilan menerapkan metodologi penelitian secara kualitatif, kuantitatif maupun mixed sebagai dasar penulisan penelitian ilmiah.

Buku ini tersedia di: tokobukudeepublish, shopee, bukalapak, tokopedia, googlebooks, dll

Wahai Anakku Dekati Agamamu

Sejatinya, tugas dakwah Islam adalah kewajiban setiap insan muslim. Dakwah Islam dapat dimulai dari keluarga, keluarga dekat, teman, tetangga lalu semakin meluas sebagaimana Rasulullah SAW mulai daei siti Khadijah sebagai istri Beliau, lalu Ali dan Zaits sebagi orang terdekat, kemudian sahabat Utsman bin Affan. Buku ini berisi 30 tem, mulai dari penetapan awal dan akhir bulan Ramadhan dan Syawal, hak kepemilikan, tugas kita sebagai manusia hingga riwayat awal keteladanan Nabi Muhammad Shallaallahu alaihi wasallam. saya dokumentasikan 30 tema kultum ini semata untuk menyeru kepada anak saya sebagai pemuda Islam. Meskipun demikian, 30 tema itu cocok juga bagi sahabat, baik saat ini sebagai anak, ayah, maupun ibu.

Buku ini akan segera tersedia di: tokobukudeepublish, shopee, bukalapak, tokopedia, googlebooks, dll

Pemetaan Konflik Tenurial: Kumpulan Bahan Ajar Diklat

Pemetaan Partisipatif Potensi Desa dan Wilayah Tenurial Desa Muara Sungsang, Kabupaten Banyuasin Sumatera Selatan 2016

Download Gratis disini
Scroll to Top