Suasana Ramah Tamah Rakernas IKA SKMA Tahun 2021, 20 Juni 2021, Swiss Belinn Hotel Sidoarjo-Jawa Timur

Pak Bambang Supriambodo, Pembina IKA SKMA memberikan pernyataan eksklusif bagi anggota IKA SKMA. Statemen itu diberikan ketika memberikan sambutan pada Rapat Kerja Nasional (Rakernas Tahun 2021) pada 20 Juni 2021 di Sidoarjo Jawa Timur. Pria alumni UGM, praktisi kehutanan yang lama di PT ITCI-suatu perusahaan kehutanan terbesar di Indonesia, pejabat penting di Pusri, dan juga pernah menjabat di militer ini menyebut para almuni SKMA (IKA SKMA) sebagai “Kopasus” nya Rimbawan.

Pak Bambang Supriambodo (tengah)

Beliau mengatakan para alumi SKMA selalu siap, selalu sigap, dan totalitas dalam bekerja apapun yang menjadi tugasnya. Setiap ada event besar nasional, seperti bencana alam misalnya, IKA SKMA selalu sigap hadir di depan memberikan pengabdiannya.

Penyelenggara

Ketua Panitia Penyelenggara-Dr Iwan dari Pengda Jatim melaporkan bahwa Rakernas IKA SKMA 2021 ini dilakukan secara hybrid yakni secara fisik di Swiss Bell Hotel Sidoarjo-Jawa Timur dan secara virtual melalui zoom cloud meeting. Secara fisik ada 22 Pengda hadir secara langsung di Sidoarjo.

Peserta yang hadir secara langsung sebanyak 100 orang yang kesemuanya dipastikan lolos rapid antigen dan protokol kesehatan lainnya. Peserta yang hadir secara virtual ditargetkan sebanyak 1000 peserta. Saat pembukaan (Minggu pagi 20/6) telah 600 an alumni menghadiri dari tempat masing-masing.

Ketua Umum IKA SKMA-Dr. Abdul Kodir mengatakan pada berbagai event ke berbagai pihak bahwa IKA SKMA adalah Indonesia Mini. Karena IKA SKMA menyebar dari Sabang sampai Merauke di seluruh propinsi dengan segmen pekerjaan hampir semua bidang. Ragam budaya, bahasa, adat dan karakter telah disatukan sejak masuk gerbang pendidikan. Diteruskan kembali saat telah bekerja. Ketum juga menyampaikan dalam Rakernas ini bahwa IKA SKMA telah dan akan terus bekerjasama dengan berbagai pihak untuk memberdayakan alumni SKMA dan meningkatkan kapasitas alumni.

Pemprov Jawa Timur

Kepala Dinas Kehutanan Jawa Timur sangat mengapresiasi kegiatan Rakernas IKA SKMA ini. Dimana IKA SKMA telah menjadi partner penting di Jawa Timur selain kelompok-kelompok peduli kehutanan dan lingkungan hidup yang ada di Jawa Timur. Gubernur Jawa Timur, Drs. Khofifah Indar Parawansa diagendakan akan hadir menutup acara ini pada Minggu siang 20 Juni 2021.

Pesan Dewan Pembina dan Ketua Dewan Pembina

Kepala Badan P2SDM Kementerian LHK, yang juga merupakan pembina IKA SKMA-Ir. Helmi Basalamah, MM berharap agar IKA SKMA dapat bekerja secara totalitas. Bukan hanya sebagai individu yang super namun tunjukkan kerja sebagai tim yang super, sebagai “Super Team”. Yakni dengan bekerja bersama pihak lain, karena tidak ada seorangpun yang dapat sukses dengan melakukan semuanya sendirian.

Ketua Dewan Pembina IKA SKMA-Dr Ir. Bambang Soepijanto, MM berpesan agar semua anggota IKA SKMA menggunakan semua inderanya untuk merespon kondisi di sekitar kita demi pengabdian yang maksimal. Semua anggota diharapkan berupaya maksimal untuk bekerja pada apapan diamanahkan kepadanya. Capai karir setinggi mungkin pada bidang masing-masing. Saat ini telah ada seorang alumni yang menduduki jabatan eselon II di Inspektorat Jenderal KLHK. Pak Bambang berharap hal ini dapat diikuti oleh alumni yang lainnya.

Rakernas IKA SKMA 2021, Swiss Belinn Hotel Sidoarjo-Jatim, 19-20 Juni 2021

Ada lagi harapan dan pesan menarik dari Dewan Pembina lainnya. Hal itu dapat disimak pada tulisan lain yang dapat diakses di sini:

3 Harapan Pak Roy dan 13 pesan Nilai Pak Inung pada Rakernas IKA SKMA

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top